flash message


counters

Rabu, 14 Agustus 2013

Burung derkuku secara umum


Karakteristik

klik gambar untuk memperbesar
Burung yang satu ini dikenal di beberapa daerah dengan penyebutan yang berbeda-beda. Secara umum di Indonesia menyebutnya tekukur, untuk orang yang tinggal di pulau Jawa menyebutnya derkuku, sedang di daerah sekitar Jogjakarta dikenal dengan deruk. Masyarakat jiran menyebutnya dengan denak dan dalam bahasa inggris disebut dengan Spotted Dove; Necklace Dove; Pearl-necked Dove; Spotted-necked Dove; Chinese Turtle Dove; Spotted Turtle Dove.
Burung yang berukuran panjang sekitar 25-30cm. Paruh berwarna hitam, kepala berbulu coklat kelabu, dibagian leher belakang dihiasi bulu berbintik putih hitam sedang leher depan berbulu coklat kemerahan menyambung sampai ke badan sebelah bawah. Bulu dibagian punggung dan sayap luar dominan berwarna coklat dengan corak hitam ditiap helai bulunya. Bulu dibagian dalam sayap berwarna coklat gelap. Bulu disekitar dubur sampai ke bawah ekor berwarna putih, sedang ekor bagian atas berwarna coklat dan hitam dengan corak putih diujung ekor. Kaki berwarna merah tua ada juga yang merah muda dengan kuku berwarna hitam.

Taksonomi
Spesies ini mulanya termasuk dalam genus Streptopelia terapi dalam studi pada tahun 2001 berdasarkan urutan molekul dan juga vokalisasi mengindikasikan bahwa spesies ini bersama dengan Streptopelia senegalensis yang mencolok dari taksa yang tersisa yang menyebabkan tekukur biasa masuk pada genus Streptopelia. Sebab inilah yang membuat peneliti membagi mereka pada genus yang terpisah . Carl Sundevall membuat genus Stigmatopelia dengan jenis senegalensis, sementara itu ia juga membuat genus Spilopelia (untuk chinensis, suratensis dan tigrina, dan memperlakukannya sebagai spesies yang terpisah) pada halaman yang sama di bukunya tahun 1872

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Columbiformes
Famili: Columbidae
Genus: Streptopelia
Spesies: S. chinensis
Nama binomial
Streptopelia chinensis
Scopoli, 1768
diambil seperlunya dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Tekukur_biasa

Tidak ada komentar: